mind of MINE

a Travel eXploring mE ,,,,,……

Re-read : Harry Potter and the Half of Blood Prince

1 Comment

My entry for Hotter Potter 6th edition, abit too late because real life takes over, but here we go🙂 but I WARNS YOU, THE POST BELOW IS CONTAINING MAJOR SPOILERS, so back off if you won’t to be spoiled🙂

Harry-Potter-and-the-Half-Blood-PrinceMenjadi pusat cerita dibuku keenam, Harry Potter dan Pangeran Berdarah Campuran (Harry Potter and the Half Blood Prince), adalah sejarah hidup Lord Voldemort yang merupakan keturunan langsung dari salah seorang pendiri Hogwarts, Salazar Slytherin; dari kisah tentang orang tuanya dimana ayahnya adalah seorang muggle dan ibunya penyihir, saat kelahirannya yang mengenaskan karena juga menjadi saat dia kehilangan ibunya, bagaimana penerimaannya saat pertama mengetahui bahwa dia adalah seorang penyihir (the most creepiest part for me hiyyy), saat dia bersekolah di Hogwarts, ketertarikannya yang sangat kuat terhadap sihir hitam,  sampai saat akhirnya dia menciptakan kembali dirinya sebagai Penguasa Kegelapan yang ditakuti oleh semua orang,, semua itu diketahui melalui pelajaran privat yang diberikan Dumbledore kepada Harry sepanjang tahun keenam,  dengan mengeksplorasi kenangan dari orang-orang tertentu untuk mencoba mencari tahu asal-usul, motivasi dan rencana Voldemort, dengan menggunakan sebuah alat sihir Pensieve.

Sekarang setelah Kementerian sudah percaya kalau Dia Yang Namanya Tidak Boleh Disebut telah kembali, perang melawan Voldemort serta para pelahap mautnya pun tidak terelakkan lagi. Setiap hari orang-orang tewas, dan tindakan harus segera diambil untuk mengatasinya. Selain dengan memberikan privat kepada Harry, Dumbledore juga mempekerjakan kembali seorang guru, Profesor Slughorn, untuk mengajar di Hogwarts dan memberi tugas kepada Harry untuk mendapatkan sebuah kenangan darinya, kenangan yang diyakini Dumbledore menjadi kunci untuk memahami rencana Voldemort.

Tapi meski dengan perang yang baru dimulai, hidup harus terus berjalan, begitu juga dengan pelajaran Harry di Hogwarts. Anak-anak kelas enam  sekarang memulai pelajaran Apparate, Harry terpilih menjadi Kapten Tim Quidditch Gryffindor, Harry dan Ron sama-sama memiliki pacar , dan secara ajaib berkat pertolongan teman barunya yang misterius, Pangeran Berdarah Campuran, Harry menjadi yang terpintar dikelas Ramuan. Dan yang paling penting, memecahkan pertanyaan terbesar, kepada siapakah sebenarnya Snape berpihak ??

My Thought :

Oke, menurut saya buku ini ditulis sebagai pemanasan menjelang seri terakhir. Sebelum mencapai beberapa bab akhir, dibandingkan dengan  buku-buku sebelumnya (minus buku pertama dan kedua) buku ini rasanya lebih ringan secara cerita, agak berada dalam genre romance comedy hehee. Fokusnya hanya pada pelajaran Harry dengan Dumbledore yang diselingi kecurigaannya terhadap Draco Malfoy dan kekaguman Harry terhadap Pangeran Berdarah Campuran, kisah cinta Harry dan Ginny yang mulai bersemi serta cinta segitiga Ron-Hermione-Lavender.

Disini kita bisa mengetahui latar belakang kisah Voldemort melalui serangkaian kilas balik menggunakan pensieve dan kenangan, dan dengan cara ini kita akan mengetahui alasan mengapa dia melakukan kekejiannya tersebut. Dengan bimbingan Dumbledore saat menggali lebih dalam masa lalu Voldemort,  Harry mulai memahami bahwa dia yang ada ditempat dia berada saat ini adalah karena pilihannya, bahwa kekuatan terbesarnya adalah hubungannya dengan teman-temannya dan orang-orang disekelilingnya yang dicintainya, yang mungkin akan menjadi kunci untuk menghancurkan musuhnya.

HBPhorcrux

Selain mengetahui tentang masa lalu Voldemort, ada dua hal yang paling menarik untuk saya dibuku ini :

– Horcrux

Akhirnya, kita tahu bagaimana cara Voldemort mencapai keabadiannya.. seriously, the chapter of Horcruxes is blew me away, hats off to Ms. Rowling for come up to this brilliant concepts, its the most creepiest yet fascinating thing in this series so far…

– the Ending between Harry, Dumbledore and Snape, and the Half Blood Prince

Aaacckkk, pertama kali baca buku ini sebelum baca buku ketujuh, sebagai orang yang netral terhadap Snape dari awal, saya harus bilang saya kaget banget dan sempat patah hati dengan apa yang dia lakukan diakhir cerita, meski saya tetap menebak bahwa ada alasan mengapa dia melakukan itu. Tapi meski begitu, sebenarnya saya tidak kaget dengan kematian Dumbledore, saya paham bahwa disatu titik kematiannya memang diperlukan untuk membentuk Harry sebagai tokoh utama cerita yang harus mandiri, karena selama ini semua tahu bahwa Harry selalu berada dalam perlindungan Dumbledore, dan dengan kepergian sosok yang sangat dikagumi dan selalu melindunginya, pada akhirnya Harry akan berada pada posisi untuk mencari dan menghancurkan horcrux-horcrux itu, dan pada puncaknya  akan berhadapan kembali dengan Voldemort, sendiri.

And yes, the ending is beyond sad and I (almost) tear up  during the final chapters when i first read it.  But it’s fitting, it’s what needed to happen and to set the stage perfectly for ‘Deathly Hallows’.

harrydumble

Duhh, maap banget nih, review kali ini agak sulit untuk saya, dikarenakan kesibukan yang seperti ga ada habis-habisnya, tau-tau udah akhir bulan aja padahal bukunya juga dibaca secara loncat-loncat, makanya bikin repiunya juga jadi aneh gini, bingung mau nulis apa *sobs* selain itu, meski buku ini menurut saya salah satu buku terbaik diseri Harry Potter, tapi buku ini agak bikin saya patah hati, you know lah kenapa qeqeqeee yepp, my inner fangirl heart as a hardcore Harry-Hermione/Harmony-shipper, hancur sudah harapan buat Harry bisa jadian ma Hermy LOL yepp, its shallow, i know :p

trioHBPHBPtriohinny

Author: shintalovesearth

just a simple ordinary girl ,,,,,

One thought on “Re-read : Harry Potter and the Half of Blood Prince

  1. Pingback: Hotter Potter Wrap Up Post | mind of MINE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s