mind of MINE

a Travel eXploring mE ,,,,,……

re-read Harry Potter and the Order of Phoenix

1 Comment

bookcoverMusim panas ini adalah liburan paling buruk yang pernah dialami Harry. Hari-hari penuh rasa frustrasi karena merasa diasingkan dari dunia sihir, tidak tahu apa yang terjadi padahal baru sebulan lalu dia mengalami peristiwa paling mengerikan dimana Harry menyaksikan dengan mata kepalanya sendiri kebangkitan kembali Lord Voldemort, musuh bebuyutannya sejak lahir, serta tewasnya teman sekolahnya, Cedric Diggory, dalam peristiwa itu. Belum lagi rasa takut akan dikeluarkan dari sekolah karena dia terpaksa menggunakan sihir diluar sekolah akibat ada dua dementor yang menyerangnya di Litte Whinging.

Kembali kesekolah, keadaan tidak bertambah baik. Waktunya disekolah menjadi siksaan baginya sehingga untuk pertama kalinya Harry ingin keluar saja karena tidak tahan. Guru baru Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam, Dolores Umbridge, orang dari kementerian sihir, sangat jahat dan tampaknya bertekad menjauhkan murid-murid untuk belajar bertahan terhadap ilmu hitam dengan benar dan terutama memberi tekanan berat kepada Harry, sehingga diminggu pertama masuk sekolah Harry sudah menerima detensi. Hagrid yang menghilang. Dia hampir dikeluarkan dari tim Quidditch asrama karena berkelahi dengan Draco Malfoy. Bekas lukanya yang tampaknya sekarang selalu terasa sakit membakar kepalanya. Pelajaran privat dengan Snape. Dan ditahun kelimanya ini Harry, Hermione dan Ron akan menghadapi ujian OWL (Ordinary Wizarding Level) yang akan menentukan akan jadi apa dia setelah lulus sekolah nanti. Tetapi diatas semua itu, yang paling tidak tertahankan adalah bahwa kesaksiannya akan kebangkitan kembali Lord Voldemort ditolak oleh, hampir semua orang, terutama Kementerian Sihir, sehingga Harry mengalami masa-masa sulit karena dianggap sebagai anak pencari perhatian dan penyebar kebohongan. Tetapi semua itu mungkin tidak akan terlalu menjadi beban kalau saja Dumbledore tidak menjauhinya, karena dia tampaknya bertekad tidak mau memandang Harry, apalagi berbicara dengannya. Semua ini membuat suasana hatinya menjadi begitu buruk sehingga dia menjadi cepat marah dan mengamuk.

Tetapi, untunglah tetap ada hal-hal yang membuatnya merasa bahwa waktunya di Hogwarts menjadi tertahankan lagi. Dia mulai berkencan dengan Cho, cewek yang sudah lama ditaksirnya, lalu menjadi pemimpin teman-temannya dalam grup pelajaran terhadap ilmu hitam, dan kesempatan untuk hidup bersama-sama dengan walinya tercinta Sirius meski hanya sebentar saat liburan. Tetapi semua kebahagiaannya hanya untuk sementara karena lagi-lagi akhirnya Harry harus berhadapan kembali dengan musuh terbesarnya, Pangeran Kegelapan dan pelahap mautnya, dalam pertempuran yang membuatnya kehilangan orang yang sangat dikasihinya, serta akhirnya mengetahui kebenaran mengapa Lord Vodemort berusaha membunuhnya ketika dia masih bayi 15 tahun lalu yang menyebabkannya harus kehilangan kedua orang tua….

My Thought :

Dumbledore's Army - the Trio

Dumbledore’s Army – the Trio

Seri ke-5 Harry Potter ini adalah buku dengan jumlah halaman terbanyak. Dan rasanya paling kompleks secara karakterisasi terutama untuk Harry. Banyak pembaca yang tidak menyukai perubahan sifat Harry ini, tapi saya pribadi malah menyukainya. Untuk pertama kalinya saya merasa related kepada Harry sebagai karakter utama diseri ini. Udah tau kan kalau meski saya menyukai Harry, tapi saya merasa lebih connect kepada Hermione. Selama ini masalah saya dengan karakter Harry adalah dia digambarkan mendekati sempurna. Baik hati, terkenal, ramah, setia, beruntung etc etc pokoknya segala karakteristik baik asrama Gryffindor ada padanya. Tetapi dibuku ini digambarkan sisi lain dari diri Harry yang ternyata memiliki kekurangan juga. Sepanjang buku dia menjadi mudah marah, meledak-ledak, berpuas diri dan kadang-kadang bisa sangat menyebalkan. Dan saya suka perubahan ini, i love angsty Harry, karena memang seperti itulah seharusnya remaja normal, apalagi yang memiliki latar belakang seperti Harry. Saya senang saat tahu pahlawan kesayangan saya ternyata hanya manusia biasa, remaja kebanyakan dengan segala permasalahannya🙂 Call me a sadists but i really enjoyed read the part when Harry outburst his anger and frustration to his friends, mostly to Ron and Hermione. Rowling perfectly portrays Harry’s frustration at being too old to neglects the responsibility, but still too young to be accepted as part of the fight that he knows is coming.

Dibuku ini juga saya menemukan my personal #1 Most Hated Fictional Character of All Time, in form of Profesor Dolores Umbridge *sigh* never knew that i could hating a fictional character in a book as much as i hate her, but thats a whole another rants because i actually dedicated a post just for her, here . Another kudos for JK Rowling.

Dumbledore’s Army. Thanks to Hermione ideas (gosh, sorry for always mention about her in everything, i just cant help it, what can i say, she’s my ultimate heroines :D), here we can witnessing when Harry shines as a leader. Lalu tokoh-tokoh pendukung, seperti Neville, Ginny, dan Luna yang karakternya mulai berkembang seakan-akan dipersiapkan untuk menjadi pendukung Harry kelak dipertempuran akhir.

DAdepartementmistery

at Department Mystery

Dan akhirnya, kematian Sirius yang sangat mengagetkan T_T kematiannya mempengaruhi saya lebih dari yang lain dan yang membuat saya sangat sedih dan sempat shock berhari-hari setelah membacanya pertama kali. Untuk saya dia tidak pantas mati dengan cara seperti ini. Apalagi setelah terisolasi sepanjang buku dan dia merupakan figur ayah untuk Harry.  Tidak bisa dibayangkan kesedihan yang dirasakan Harry. Tapi kejadian ini adalah saat pertama kalinya Harry harus menghadapi konsekuensi dari kesalahannya. Kesalahan yang dibuatnya karena emosi ingin menyelamatkan orang yang dikasihinya tanpa memikirkan apa dan bagaimana, meski itu manusiawi banget. Kesalahan yang diperlukan untuk menjadi wake-up call baginya bahwa setiap keputusannya akan memiliki dampak, meski dia pikir dia melakukan hal yang benar.

Sirius, you shall be remember T_T

Sirius, you shall be remember T_T

and last but not least, my favorite parts..

– Hermione encounter with Rita Skeeter and order her to interviewing Harry and write it to be published😀

– Angsty Harry😀

– The introduction of Luna Lovegood :)  ahh my 2nd favorite female character in HP series

– Fred and George grab their freedom and give one hell of time for Umbridge and Peeves give his salute to them

– Harry negotiated with the Death Eaters in Prophecy Room when he, Hermione, Ron, Neville, Ginny and Luna been cornered

– Harry and Dumbledore talk the truth about the prophecy

Gahh this book is so good.

bellatrix-dumbledore-harry-harry-potter-movie-order-of-the-phoenix-Favim.com-78347

when the world peace is really happens🙂

Tulisan ini diikut sertakan dalam Hotter Potter

Author: shintalovesearth

just a simple ordinary girl ,,,,,

One thought on “re-read Harry Potter and the Order of Phoenix

  1. Pingback: Hotter Potter Wrap Up Post | mind of MINE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s