mind of MINE

a Travel eXploring mE ,,,,,……

know yourself !!!

Leave a comment

Not a long ago,  I learned something about myself.. that I know nothing about myself..

Awalnya di instansi tempat saya bekerja, dalam rangka penataan pegawai sesuai bidang keahlian dan minat individu, diadakan tes kompetensi untuk mengetahui keahlian, minat, dan kompetensi seorang pegawai.. salah satu instrumen yang digunakan untuk mengukur minat pegawai adalah mengisi lembar aspirasi yang berisi daftar pertanyaan tentang aspirasi kita dalam bekerja/berkarier di instansi ini. Beberapa pertanyaan seperti objek kerja yang menjadi minat utama, bidang yang berminat untuk didalami, pendidikan lanjutan yang diminati untuk ditempuh, aspirasi penempatan diluar /didalam lingkup instansi, perangkat kerja dan bahasa yang dikuasai, etc .. and you know what, saya ga bisa jawab pertanyaan-pertanyaan tsb dengan lancar dan yakin.. saya mengambil waktu untuk memikirkan jawabannya dan tetap tidak bisa menjawab…

what’s the hell is wrong with me ???????? masa personal questions seperti ini saya ga bisa jawab, ini bukan seperti harus menjawab teori relativitasnya enstein , dan saya seperti orang yang ga belajar untuk ujian..

Dari 3 kategori yang ada di tes minat dan kemampuan (bisa/tidak ; suka/tidak ; menarik/tidak)  mengenai suatu pekerjaan/kegiatan, ampun dehh hampir semuanya jawabannya tidak suka, tidak menarik dan tidak bisa hahaa.. saya berpikir, segini tidak bervisikah saya akan masa depan saya, seperti tidak memiliki ambisi atau keinginan lebih di hidup saya ini..

Setelah saya renungkan lagi (halahh….), ternyata bukannya saya tak punya visi atau ambisi di hidup dan masa depan saya.. yang benar adalah, saya (hampir) tak punya visi, keinginan atau ambisi di jalur karier yang saya pilih ini,, saya punya minat, saya punya keinginan, tapi tampaknya (hampir) tidak sesuai untuk diwujudkan dalam pilihan karier saya.. minat dan keinginan saya lebih bisa dilihat dalam konteks hobi, sampingan, bukan yang utama.. saya ingin seperti teman-teman saya yang lain, yang tahu apa yang diinginkannya, bagaimana cara meraihnya, serta cara menikmatinya..

Minat dan kemampuan itu vital fungsinya bagi kehidupan kita.. menurut saya memang seharusnya kita sudah tahu apa yang ingin kita lakukan dalam hidup kita dari sejak masih duduk di bangku sekolah.. disitulah fungsi-fungsi dari berbagai tes minat dan kemampuan yang ada.. ahh menyesal kisah Laskar Pelangi belum dibuat untuk menginspirasi saya saat masih duduk dibangku sekolah, untuk menyemangati saya agar lebih memikirkan sekolah/pendidikan apa yang ingin saya tempuh, untuk lebih serius dalam belajar..  kalau seperti itu, mungkin saat ini saya sudah jadi diplomat di kementerian luar negeri atau jadi wartawan  atau jadi editor buku dipenerbitan besar atau jadi travel journalist atau jadi novelis atau jadi penulis atau malah jadi penyanyi hahaa(yang ini sih cita-cita terpendam saya, yg ditutup rapat2 didalam hati saja hihii) yak itulah beberapa cita-cita semasa sekolah saya dulu..

Maka dari itu, untuk para generasi muda (menulis posting ini bikin saya ngerasa tuaaaa BGT :p),  melihat dari pengalaman saya yang sudah expert dan sudah sering jatuh bangun dalam menentukan apa yang ingin saya lakukan dalam hidup (cieee…..) kenalilah seluruh minat, bakat, potensi dan kemampuanmu selagi masih muda dan ada waktu hihii tapi ini beneran nasihat serius loh, daripada galau dan sirik saat melihat teman-temanmu yang menghidupi dirinya sendiri dari pekerjaan yang merupakan impian mereka😀

Melihat tulisan saya ini mungkin pada mikir saya menyesal dengan pekerjaan yang saya miliki saat ini.. ehmm really don’t get me wrong, jgn salah sangka, karena jawabannya adalah saya mencintai dan bersyukur atas pekerjaan saya saat ini meski terkadang diwarnai dengan sedikit rasa sesal karena tidak maksimal dalam berusaha mencapai cita-cita saya, tapi itu saya anggap manusiawi dari perasaan manusia yang seringkali tidak merasa puas akan hidupnya. Ada sebagian orang yang (mungkin) memang ditakdirkan untuk menjalani peran di hidup tidak sesuai dengan keinginannya tetapi sesuai dengan kemampuannya, mungkin saya adalah salah satu dari mereka, it’s OK, tough, saya masih bisa menjalani minat saya menulis melalui blog tercinta ini, atau jadi translator contributor di salah satu portal sharing files forum yang saya ikuti🙂

Author: shintalovesearth

just a simple ordinary girl ,,,,,

Leave a Reply

