mind of MINE

a Travel eXploring mE ,,,,,……

why i love Topeng Kaca so much ???

4 Comments

Saya suka baca komik. Apalagi dulu pas jaman SD sampai kuliah. Meski sibuk kalau untuk baca komik saya selalu punya waktu hehee. Kalau sekarang, mungkin karena pengaruh usia, frekuensi baca komik saya sudah jauh sekali berkurang. Sekarang yang saya baca hanya komik-komik yang udah lama saya ikuti dan belum tamat, salah satunya Topeng Kaca karya Suzue Miuchi.

Saya kenal komik sewaktu saya masih duduk dikelas 5 SD karena didekat lingkungan rumah saya ada satu taman bacaan yang lumayan lengkap koleksi bacaannya termasuk novel, majalah, komik dan banyak lagi, namanya Mawar Saron. . sebagai seorang kutu buku dari masa kecil dulu, yang berakibat saya sudah menggunakan kacamata minus dari sejak kelas 4 SD (inget banget kacamata pertama saya itu modelnya kaca mata kuda BGT hihii jelek banget dah), udah pasti dong saya adalah konsumen paling loyal buat taman bacaan itu,bisa sampai 3 kali seminggu saya ngabisin duit jajan disana untuk minjem komik..

Komik pertama yang saya baca itu SOS karya Yoko Matsumoto,, setelah itu saya seperti kecanduan baca komik, termasuk Topeng Kaca yang saya pinjam karena tertarik dengan gambar cowok pemeran utamanya,Masumi, yang sampai sekarang masih jadi No.1 di my personal A-list for the Hottest Male in Comic Character of all time hehee (serius saya punya daftarnya….) karena sumpah ganteng dan kece banget, yeah fyi the-little-almost-teenager-me udah tahu banget mana cowok ganteng dan HOT biar itu cuman karakter dalam komik hihii.. inget banget waktu itu tahun 1994, saya baru kelas 1 SMP, dan Topeng Kaca yang saya baca pertama kali itu yang Vol. 28 atau di Indonesia beredarnya dalam judul Topeng Kaca : Bayang-Bayang Jingga No.1… setelah dibaca ternyata bukan hanya karakter cowoknya aja yang ganteng bin cool plus HOT, tapi ceritanya sendiri emang seru dan menarik banget, dalam beberapa hari aja saya udah khatam baca sampe Bidadari Merah Vol. 42 (waktu itu di Indonesia baru terbit sampai volume segitu..) dan mulailah masa saya mulai membaca lengkap TK berulang-ulang sampai sekarang dan ga pernah bosan, never get enough of it.. selain itu, saya suka juga karena gambarnya bagus, detail, dan kinclong abis,, saya emang suka dengan komik yang gambarnya tebal dan menyerupai gambar manusia detail,, mungkin itu sebabnya saya ga terlalu attached dengan komik terbitan diatas tahun 2000-an karena komik terbitan tahun segitu gambarnya seperti garis-garis halus, ga tebal kayak komik-komik jaman dulu kala (saya bukan manga expert, jadi ga tahu istilahnya apa…)..

Fyi TK yang masuk dalam kategori shoujo atau komik buat cewek ini, terbit pertama kali di Jepang tahun 1976, dan di Indonesia terbit pertama kali tahun 1993, dan sampai sekarang yang sudah memasuki vol. 48 masih belum tamat juga, kebayang ga siy…… hampir semua pembaca setia TK generasi pertama sekarang udah jadi emak-emak, well adults, for sure.. emak-emak, wanita karir yang masih niat dan setia hunting komik TK di toko buku, nyari-nyari berita komik ini di internet dan suka kalap kalau liat ada gambar Maya-Masumi di majalah animonster (majalah khusus anime, ada review komiknya juga), and for sure, they are so damn loyal.. padahal Miuchi-sensei sering banget hiatus atau off dalam menerbitkan tankuobonnya ini,, hiatus terlama yang saya alami itu antara terbitnya vol.42-vol.43 itu lebih dari 7 (tujuh) tahun dari 1998-2005 *sigh* Di Indonesia Topeng Kaca terbit berdasarkan seri-seri tersendiri :

  1. Topeng Kaca , 9 volume, vol. 1 – 9
  2. TK : Syair Lidah Api, 8 volume, vol. 10 – 17
  3. TK : Sejuta Pelangi, 10 volume, vol. 18 – 27
  4. TK : Bayang-Bayang Jingga, 6 volume, vol. 28 – 33
  5. TK : Bidadari Merah, 11 volume, vol. 34 – 44
  6. TK : Dua Akoya, vol. 45 – sekarang

Kalau ditanya kenapa siy, bisa sampai begitu loyal ma nih komik ?? saya ga bisa ngejelasinnya secara detail, saya cuman bisa bilang kalau saya suka komik ini karena selain hal-hal yang saya sebutkan diatas, juga karena ceritanya yang inspirasional yaitu tentang perjalanan hidup tokoh heroine ceweknya Maya , kecintaannya akan dunia drama dan acting, perjuangan berliku untuk mencapai cita-citanya menjadi aktris besar mandiri yang diakui, rivalitas dengan saingan terbesarnya Ayumi, sampai cerita cintanya dengan uncle long legs-nya Mawar Ungu alias Masumi yang beneran bisa bikin nangis, ketawa, gemes, sebel, dan berbagai emosi lainnya yang bisa mengaduk-aduk perasaan kita sebagai pembaca, just look at to how loyal and patient we are as fans for all this time, as topeng kaca lovers, all over the world, just try to read it and you’ll understand..  dalam TK kita diundang masuk kedalam dunia drama dan para tokoh yang terlibat didalamnya, mudah-mudahan diposting berikutnya saya bisa bikin summarynya…

Menjadi fans TK itu memang dibutuhkan kesabaran yang luar biasa, sabar menunggu kelanjutan cerita yang makan waktu bertahun-tahun (semoga masih cukup umur buat miuchu-sensei namatinnya dan saya buat bacanya,amin *sigh*) lihat aja dari volumenya yang hingga kini belum tamat bahkan setelah menginjak vol.48 dan 18 tahun berlalu dari sejak pertama kali saya baca komik ini, dalam kurun waktu itu bahkan pernah ada gosip yang bilang beliau udah meninggal atau udah ga mau nerusin karena ingin focus pada kepercayaan barunya ; waktu hiatus miuchi-sensei yang sering bikin nangis darah (hyperbolic yes, I know) tapi seriously hiatusnya itu ga pernah sebentar,beliau tampaknya memang belum rela menyelesaikan komik masterpiece-nya ini atau mungkin kisah ini terlalu indah sehingga mencari ide untuk sebuah akhir yang memuaskan dan membayar penantian selama lebih dari 35 tahun itu memang sulit sekali karena memang denger-denger cerita TK ini beberapa kali mengalami bongkar pasang karena sensei selalu ga puas dengan plot yang udah ada dan nemuin plot yang lebih bagus; sampai detail-detail yang memang merupakan bahan cerita yang penting di komik tapi karena udah nunggu terlalu lama, saya hanya ingin cerita focus ke progress hubungan antara dua tokoh utama..

Buat saya, TK adalah momen nostalgia akan masa kecil saya, dan sekarang jadi sebuah guilty pleasure buat menuhin cita-cita masa kecil saya dulu,, dulu pas doyan-doyannya baca komik, bapak saya ga suka saya keseringan minjem komik, buang-buang waktu dan uang aja katanya,hingga saya harus kucing-kucingan buat baca komik (saya sering banget nyembunyiin komik dibawah kasur biar ga diliat bapak :D).. karena waktu kecil duit jajan saya pas-pasan, dan saya bukan tipe penabung kelas berat jadi saya ga bisa nyisihin duit buat beli komik ini, maka saya berjanji kalau saya bisa punya gaji sendiri saya mau banget buat bisa koleksi TK,, waktu berlalu, saya sekarang udah kerja dan mandiri, Alhamdulillah, dan bisa beli komik sendiri, tapi ternyata komik TK itu termasuk barang langka yang jaraaang banget ada , susah dicari dan kalau ada mahal amit-amit jadinya. Makanya saat elex nerbitin Topeng Kaca Deluxe, saya seneng banget dan ga buang-buang waktu buat langsung beli semua serinya, , banyak yang nanya, ga buang-buang uang dan waktu??everybody has their own guilty pleasure and for me, this is one of it, dan yang bisa saya bilang hanya, read it and experience it, and you’ll know what I mean..

Author: shintalovesearth

just a simple ordinary girl ,,,,,

4 thoughts on “why i love Topeng Kaca so much ???

  1. kalo gak salah komikusnya skrg uda almarhum ya ?? pdhl ceritanya blm selesai😦

    • ngga ko, Miuchi-sensei sampe skr msh sehat walafiat meski byk rumor beredar klo beliau udh alm.. hanya kabarnya dia lg mendalami ilmu agama barunya jd Topeng Kaca ini pengerjaannya tersendat2,malah u/ ilustrasi gambarnya udh bukan dia yg ngerjain,dikerjain komikus lain😦 tp ceritanya msh lanjut meski kek siput :((

  2. ak baca dr sd n masih ampe skrg,, dr ngoleksi akhrnya ilang2 n ngoleksi lg dgn harga beli yg gila2an (belinya sblm diterbitin yang deluxe nya huks) n tetep setia,, tp yg skrg2 malah lebih seru cerita ayumi n kangen liat maya meranin karakter lain selain bidadari merah😀 .. ak pikir pengarangnya meninggalnya krn gambarnya ud ga kaya dulu,, ternyata gitu ya sis,, alhamdulilah belum meninggal jd penantiannya ga sia2😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s