mind of MINE

a Travel eXploring mE ,,,,,……

Perahu Kertas

1 Comment

Seperti perahu kertas yang dihanyutkan di parit, di empang, di kali, di sungai, tapi selalu bermuara di tempat yang sama. Meski kadang pahit, sakit, dan meragu, tapi hati sesungguhnya selalu tahu.

Karena  “Perahu Kertas” tak lain adalah kisah perjalanan hati yang kembali pulang menemukan rumahnya.

Kemaren baca-baca lagi semua postingan lama, dan saya terkejut banget, sumpah ini boong cuman mau ngasiy efek dramatis aja hehee, ternyata saya masih punya utang disini,  apakah itu ???

Jreng jreng disini saya mau nulis tentang buku Perahu Kertas karya Dewi Lestari, lagi-lagi better late than never yah😀

Perahu kertas menceritakan mengenai dua sosok sentral yang namanya Keenan dan Kugi (unik yah :D),,

Keenan seorang cowok lulus SMA yang memiliki cita-cita sebagai pelukis, tapi karena ditentang oleh sang Ayah,dia terpaksa melanjutkan kuliah ke Fakultas Ekonomi yang sama sekali tidak disukainya..

Kugi seorang cewek lulus SMA yang memiliki cita-cita seunik namanya yaitu menjadi juru dongeng, karir yang sama sekali tidak meyakinkan untuk menjadi pegangan hidup, melanjutkan kuliah di Fakultas Sastra di Universitas yang sama dengan Keenan.

Nasib mempertemukan mereka lewat dua orang sahabat, Eko dan Noni, dan mereka menjadi sahabat yang tak terpisahkan. Kugi yang hanya bisa menulis cerita tanpa bisa memvisualisasikan ke dalam bentuk gambar seakan menemukan belahan jiwanya karena Keenan dapat dengan indah melukiskan seluruh dongeng yang dibuat kugi ke dalam bentuk kanvas. Lambat laun persahabatan mereka berubah menjadi perasaan cinta, namun karena datang dikondisi yang salah dimana Kugi sudah punya pacar dan Keenan tengah dijodohkan oleh seorang kurator muda, perasaan itu pun tidak terungkapkan, hingga  dengan diwarnai berbagai kesalahpahaman, hubungan mereka pun merenggang.

Karena suatu kejadian mimpi Keenan untuk menjadi pelukis pun kandas dan dia memutuskan untuk meninggalkan kuliahnya dan menghilangkan segala kesedihannya  dengan pergi ke Bali. Sedangkan Kugi yang patah hati setelah lulus kuliah, bekerja sebagai copywriter di sebuah biro iklan.

Sekian waktu berselang, Keenan dan Kugi mulai dapat bangkit kembali dengan pekerjaan yang mereka lakukan, Kugi dengan segala kesibukannya sebagai copywriter mulai melupakan cita-citanya sebagai juru dongeng dan merasa menemukan kembali cintanya dalam sosok atasannya sendiri, Remi, yang  sangat mengagumi segala semangat dan keunikan Kugi, sedang Keenan yang mulai melukis kembali dengan berbekalkan buku dongeng yang ditulis kugi dan diberikan padanya saat mereka masih kuliah, juga mulai bersemangat kembali untuk mengejar kembali cita-citanya menjadi pelukis dengan disemangati oleh Luhde, keponakan seniman tempatnya hidup selama tinggal di Bali.

Tetapi nasib kembali mempertemukan mereka dalam kondisi yang sangat berubah, dan tentu saja kembali menguji hati mereka.

Cerita yang ditulis Dee kali ini emang ga seberat buku-buku yang dia tulis sebelunya seperti trilogy Supernova yang saya ga sanggup bacanya, saking otak saya kurang bisa mencerna #ngakudeh😀

A boy meet a girl, they’re fall in love, and their path just not runs smooth, but it has ends in a quite not cliché way but sweet tough. As simple as that. Hanya karena penulisnya seorang Dee, makanya eksekusinya pun jadi beda. Kisah ini jadi cerita cinta yang ga picisan salah satunya karena bahasanya yang simple tapi menghasilkan quote-quote yang manis dan ga klise deh.

Btw mengenai judul buku Perahu Kertas ini, itu menunjuk pada perahu kertas yang dibuat oleh Kugi dalam rangka menyampaikan pesan pada orang planet Uranus,saturnus atau neptunus ya?? lupa heu karena dia selalu menganggap bahwa dia adalah seorang agen planet tersebut yang dikirim ke bumi😀

Curcol : Saya suka deh, pokoknya makasiy banget buat orang yang menjadikan buku ini sebagai kado ulang tahun saya tahun lalu😀 you got it the clue bahwa saya rada ga modal hahaa…

Author: shintalovesearth

just a simple ordinary girl ,,,,,

One thought on “Perahu Kertas

  1. Pingback: PERAHU KERTAS THE MOVIE « mind of MINE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s