mind of MINE

a Travel eXploring mE ,,,,,……

freedom, are we there yet ???

1 Comment

17 Agustus tahun 45, itulah hari kemerdekaan kita

hari merdeka nusa dan bangsa

hari lahirnya bangsa Indonesia,

merdeka,,

skali merdeka tetap merdeka,

selama hayat masih dikandung badan,

kita tetap sedia tetap setia ,mempertahankan Indonesia

kita tetap sedia tetap setia, mempertahankan Indonesia…

Itulah lirik lagu 17 Agustus yang dulu biasa saya nyanyikan sewaktu upacara bendera entah tiap senin atau tiap tanggal 17 Agustus,, saya sebenarnya udah tidak ingat lagi liriknya, tetapi sewaktu menulis posting ini sambil bersenandung lagu ini eh secara otomatis keluar tuh liriknya dari mulut saya hehee dan pas saya cek ke internet untuk melihat lirik yang benar,ternyata hampir 100% benar saudara-saudara🙂

Entah kebetulan atau tidak, seminggu lagi, atau tepatnya 5 hari lagi, kita, bangsa Indonesia akan merayakan hari ulang tahun Indonesia yang ke-65, kalo kita manusia itu adalah usia yang sangat matang alias TUA. Udah lama juga ya ternyata kita merdeka, merdeka dari penjajahan oleh bangsa lain. Tapi emang bener gtu kita udah merdeka?? Kalau untuk saya, melihat kondisi bangsa yang seperti sekarang agak “awut-awutan “, saya bisa bilang kita belom sepenuhnya merdeka dari penjajahan bangsa laen. Tapi saya tidak mau membahas itu ah, pengen ngeliat kemerdekaan ini dari view saya sendiri.

Untuk saya, kemerdekaan itu artinya, saya bisa melakukan apa pun yang saya inginkan dengan bebas, tanpa tergantung atau terpengaruh atau atas suruhan dari siapa pun alias mandiri. Apa pun itu tentunya hal-hal yang baik ya, karena kalau bebas sekali melakukan apapun termasuk melakukan hal-hal yang kurang atau tidak baik, pastinya akan menjadi kemerdekaan yang kebablasan seperti yang sekarang terjadi pada bangsa Indonesia. Akibat kemerdekaan yang seenaknya, kondisi Negara ini rada-rada ga karuan, semua orang merasa punya hak dan kurang memikirkan kewajiban, semua orang pingin didengar dan kurang mau mendengar, walaupun mungkin ini merupakan akibat dari rasa bosan dan apatis rakyat pada pemerintahan yang menurut rakyatnya, kurang baik, kurang berpihak pada rakyat, KKN, lambat, tidak tanggap, dan masih banyak lagi.  Udah gtu, skr rakyat Indonesia itu cepet banget emosi, setiap ada masalah selalu dicari penyelesaian dengan jalan berantem, demo anarkis, lempar batu, ga ada yang mau berusaha untuk menyelesaiakan dengan jalan musyawarah misalnya, sesuai dengan Pancasila yang menjadi lambang Negara kita tercinta ini. Kalau liat di TV, skr isinya orang-orang marah terus, orang-orang yang emosi, baik rakyat maupun wakil rakyat di pemerintahan sama saja. Jalanan dan gedung Dewan memiliki persamaan yaitu menjadi tempat berantem. Sudah jarang sekali terlihat wajah bangsa ini yang ramah, bersahabat sesuai dengan imej bangsa kita ini. Saya rada panjang ngebahas ini dikarenakan saya gemes banget dengan berita-berita di TV yang isinya bikin mau ngelempar TV juga. Gambaran diatas menunjukkan betapa kita belum benar-benar merdeka, kita masih begitu mudah dipengaruhi oleh orang-orang diluar alias provokator, kita belum bisa menggunakan pikiran kita untuk memilah-milah sesuatu yang benar atau salah.

Untuk saya sendiri, saya merasa belum merdeka, karena banyak sekali ide, opini , keinginan yang ada di dalam diri yang belum atau tidak bisa dilakukan karena berbagai alasan. Sering karena keinginan saya itu ditentang orang-orang, tapi alasan terbesar adalah saya tidak berani melangkah untuk melakukan banyak hal yang saya inginkan, hal-hal positif tentunya, saya sering tidak berani menyampaikan hal-hal yang saya ingin sampaikan, saya tidak berani untuk keluar dari zona nyaman saya, jadi saya ngerasa belum merdeka.

Tetapi diatas itu semua saya optimis bahwa saya, maupun bangsa Indonesia yang sangat saya cintai ini akan bisa menjadi orang dan bangsa yang benar-benar mandiri. Toh kita bisa mengalahkan bangsa-bangsa penjajah, jadi tentunya kita akan bisa juga mengalahkan diri kita sendiri.

So wanna greet my beloved Indonesia, Happy 65th Birthday, may Allah always Bless Us, amin..

edit : yang bener tuh lirik terakhirnya
kita tetap setia tetap sedia, mempertahankan Indonesia
kita tetap setia tetap sedia, membela negara kita

hehee ..

Author: shintalovesearth

just a simple ordinary girl ,,,,,

One thought on “freedom, are we there yet ???

  1. kita tungguin traktiran dari negara kita ini..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s