mind of MINE

a Travel eXploring mE ,,,,,……

tempat mainku,,tempat ibadahku,,

2 Comments

Sampai akhir minggu lalu ga punya ide buat nulis sebenarnya,, tapi sewaktu saya jalan-jalan sama adik-adik ke sebuah mal di jalan merdeka (saya ga mau nyebut merk niy..),but  how if we called it “BIP”? sounds interesting ha😀 saya tiba-tiba ingin sekali menulis mengenai hal yang akan saya ceritakan ini..

Hal penting yang saya nilai dari sebuah pusat perbelanjaan atau mal salah satunya adalah mushala .. mungkin karena jika saya pergi ke mal, saya lumayan banyak menghabiskan waktu disana, dengan kata lain saya tidak pernah sebentar saja di mal.. kalau menghabiskan banyak waktu di suatu tempat, jika kita seorang muslim tentu akan melaksanakan shalat di tempat tersebut bukan? seringkali ketika waktu shalat tiba saya sedang berada di mal, dan agak malas melaksanakannya, hal tersebut lebih banyak karena saya ingat mushala di mal-mal biasanya ada di tempat paling bawah bangunan alias lower groundnya atau di tempat parkirnya dengan kondisi yang sempit, pengap, bau asap, panas, dan lain sebagainya sehingga membuat saya agak malas untuk melaksanakan ibadah wajib tersebut.. saya ga akan membahas tentang bahwa kita harus siap shalat dimanapun kita berada asalkan bersih, tapi yang ingin saya bahas adalah mengenai banyaknya pusat perbelanjaan atau mal yang bagus dan keren di bandung ini tetapi dengan mushala atau tempat shalat yang amat sangat seadanya..seringkali mushalanya malah dicampur antara lelaki dan perempuan dengan ruangan yang tidak lebih besar dari 3x3m dibagi dua (saya ga mengada-ada loo, klo kamu muslim, sering ke mal di bandung dan tetap melaksanakan shalat, pasti tau banget dehh..) hubungannya dengan BIP apa??? Selama ini BIP adalah salah satu mal dengan kondisi mushala terletak di tempat parkir dan seadanya seperti yang saya gambarkan di atas tadi.. banyak lagi mal-mal seperti BIP yang seadanya saja membuat mushala hanya agar “asal ada” aja,, saya miris saja mikirnya untuk sesuatu yang sifatnya bisa dibilang duniawi sebagai pusat perbelanjaan bangunan dibuat seluas dan senyaman mungkin hingga bisa mencapai berlantai-lantai tetapi untuk sesuatu yang bersifat ibadah kita ga pernah bisa maksimal, karena kita shalat untuk menghadap Yang Maha Kuasa tetapi lokasi di tempat paling bawah, nyempil doang dan seperti diinjak-injak saja, padahal apa susahnya sih membuat ruangan di lantai atas, ga bisa di tengah-tengah ya di pojokan saja toh biasanya mushala di mal ga akan makan tempat, contoh saja di ciwalk (nama kiasan untuk sebuah mal di cihampelas😀 ),, di sana mushalanya terletak di lantai 2, yang walaupun sempit tetapi lumayan nyaman untuk melaksanakan ibadah..

back to BIP, pas weekend kemarin saya ke sana, sewaktu mau shalat dhuhur saya bingung mencari mushala di parkiran yang tiba-tiba menghilang, ternyataaaaaa sodara-sodara jreeenggg ….mushalanya udah pindah ke lantai paling atas, bersama foodcourt, bioskop dan salon dan lainnya ..  mushalanya dibuat di pojokan menghadap keluar jadi terang banget dan walaupun tercampur tetapi masing-masing bagian untuk lelaki – perempuan luas banget, pokoknya TOP banget deh ,,

tempat shalat wanita

tempat shalat cowok

selama ini mushala di tempat perbelanjaan di bandung yang paling luas yang saya tau itu adanya di Pasar baru yang tempatnya di lantai paling atas, khusus untuk shalat,,

Well saya harap mal-mal lain bisa meniru langkah BIP, Ciwalk, Pasar baru ini, jangan hanya mikirin keuntungan dunia saja tetapi pikirkan bagaimana masalah dunia tersebut bisa seiring sejalan dengan masalah akhirat juga ..

Bukan mau sok tau atau riya’, ini hanya pendapat saya aja siy ,,,

Author: shintalovesearth

just a simple ordinary girl ,,,,,

2 thoughts on “tempat mainku,,tempat ibadahku,,

  1. mal di gatsu mushalanya lumyan gede bu……meskipun d parkiran
    mal dengan mushala terparah tuh di pasir kaliki
    wuiihh….kamar mandi saya aja lebih gede daripada mushala itu,ckckck

Leave a Reply

